saya merasa bahwa knp saya hanya bisa diam melihat teman-teman saya atau saudara-saudara bisa sukses,dan saya merasa"why I can only be quiet, seeing friends succeed?"apakah saya yang diam di tempat atau dunia yang berputar dengan.cepat.sebenarnya semua jawabannya hanya ada di dalam diri kita dan bagaimana kita bisa memanaj waktu kita yang sedikit dengan sebaik mungkin.sebenarnya kunci dari semua itu adalah MANAJEMEN WAKTU.secara terminologinya,manajemen artinya mengatur, mengorganisir, memanfaatkan sesuatu sehingga dapat berjalan
dengan lancar. Jadi manajemen waktu adalah pengaturan dan pemanfaatan
waktu dalam aktivitas kehidupan manusia demi terwujudnya alur kehidupan
yang baik. Selain itu, dari berbagai literatur yang ada, para pakar
manajemen waktu menyatakan bahwa manajemen waktu adalah cara dan sarana
yang membantu manusia untuk merealisasikan tujuan-tujuannya, mewujudkan
kestabilan antara kewajiban, keinginan, dan tujuan.karena itulah manusia yang pintar memanaj waktunya untuk merealisasikan tujuannya,maka cepatlah mereka bisa mewujudkan semua yang di inginkan.
mungkin kita bisa mulai merancang dan memanag kehidupan kita mulai sekarang.yang di mulai dari apa kita/saya inginkan,itu bisa kita namakan dengan TARGET HIDUP,target hidup adalah sesuatu yang kita rencanakan buat masa depan nanti,pasti pas kita menjalankan sesuatu untuk memenuhi target hidup kita,pasti ada pengaruh jelek maupun yang baik seperti ada di keluarga,teman,tetangga,dan lingkungan sekitar kita,itu hal biasa dan kita bisa menghindarinya.saat ingin mengerjakan sesuatu kita harus bisa memanaj waktu kita biar tidak salah menentukan jalan hidup kita.
Kita dapat memulai mengatur waktu kita dengan langkah-langkah yang cukup sederhana. Mau tahu caranya? Yuuuuuk baca ajaaaaaa..
LAKUKAN !
1. Menetapkan tujuan
Setiap tindakan yang dilakukan, pasti ada tujuan. Oleh karena itu,
untuk mengatur waktu yang terlebih dahulu harus dilakukan adalah
menetapkan tujuan. Tujuan ditentukan dengan merenungi kembali untuk apa
kita hidup, apa cita-cita kita, dan bagaimana cara-cara untuk dapat
mencapainya.
2. Buat skala prioritas
Tidak
mungkin semua kegiatan itu penting (kecuali bagi seorang perfeksionis).
Setiap kegiatan pasti ada tingkatan atau urutan kepentingannya. Ada
yang sangat penting dan darurat (memeriksakan diri ke dokter saat sakit,
mengerjakan tugas yang dekat deadlinenya), penting tapi tidak darurat
(membaca buku untuk menambah pengetahuan) dan kurang penting (nonton
film, jalan-jalan). Kegiatan-kegiatan tersebut bisa disimbolkan dengan
huruf A, B, dan C.
3. Tuliskan

Terkadang
memori adalah jam pengingat yang payah (kecuali bagi orang yang
memiliki ‘long term memory’). Cara terbaik untuk merekam aktivitas kita
sepanjang hari adalah dengan menuliskannya. Media yang digunakan
bermacam-macam; bisa HP, notes lucu, buku agenda,
schedule board,
dan lain-lain. Gunakanlah kreativitas kita dalam hal ini. Perlu diingat
bahwa agenda kegiatan harian yang akan dituliskan harus realistis.
Maksudnya, tidak mencantumkan terlalu banyak kegiatan yang akan
dilakukan karena saat ada satu atau beberapa kegiatan yang tidak
terlaksana tidk jarang malah menimbulkan stress.
4. Merespon dengan cepat
Sebagai
contoh, urus e-mail yang masuk dalam account Yahoo kita begitu menerima
e-mail. Jika tak bisa membalas sebuah mailpun saat itu juga, buat
folder khusus tempat e-mail yang belum sempat dibalas serta tulis dalam
agenda e-mail tersebut akan dibalas kapan (tentunya utamakan mail-mail
penting terlebih dahulu). Ketika memungkinkan, lakukan tindakan tersebut
pada hari yang sama saat kita menerimanya. Jangan biarkan laptop, meja
dan pikiran kita jadi bertumpuk dengan hal yang tak berguna.
5. Bersikap tegas (asertif)
Belajarlah
berkata tidak pada orang lain. Jangan biarkan orang lain menentukan
atau memanfaatkan kita untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan
sebisa mungkin. Tutup pintu kamar, matikan nada dering telepon atau
minta dengan terus terang agar tidak diganggu untuk sementara waktu.
Dalam hal ini, kita tidak bermaksud untuk ‘sok sibuk’ atau ‘sok jadi
orang penting’, tapi kita harus punya batasan kegiatan atau hal apa yang
sekiranya akan mendekatkan kita pada tujuan hidup atau malah menjauhkan
sehingga membuat hidup tidak fokus, mengambang tanpa tujuan.
6. Gunakan waktu dengan bijaksana
Percaya
atau tidak, sangatlah mudah untuk mengabaikan waktu. Ketika dihadapkan
pada tugas atau pekerjaan yang sulit, kita bisa saja beristirahat
sejenak tapi malah ‘kebablasan’ sehingga hal yang pokok akhirnya malah
terbengkalai. Selain itu, sebenarnya kita punya celah waktu dalam setiap
aktivitas-aktivitas sibuk kita akan tetapi kita malah mengabaikannya.
Sebagai contoh, saat kita naik bus atau kereta untuk menuju tempat kerja
atau kampus, jika memang memungkinkan, lakukanlah kegiatan yang
bermanfaat misalnya membaca buku ketimbang malah tidur. Atau jika sedang
menyetir mobil sendiri, jika memungkinkan dengarkanlah rekaman
pendidikan atau motivasional yang dapat membuat kita memperbaiki
keterampilan sehingga menjadi lebih produktif.
7. Waktu tidur yang cukup dan pola makan yang teratur
Walaupun
pekerjaan banyak, tugas menumpuk setinggi gunung (ada nggak sih?) kita
tetap harus memiliki waktu tidur yang cukup dan pola makan yang teratur.
Tidur yang kurang (misalnya karena begadang mengerjakan tugas atau
proyek) akan menyebabkan keadaan tubuh yang tidak fit keesokan harinya
sehingga kemungkinan tidak akan menghabiskan waktu hari itu secara
optimal. Pola makan yang tak teratur pula akan mengakibatkan daya tahan
tubuh menurun dan akhirnya jatuh sakit. Kalo udah gitu, malah
menghambur-hamburkan waktu kan?
8. Kombinasikan dua kegiatan
Untuk
menghemat waktu, kita bisa melakukan dua kegiatan dalam 1 waktu.
Misalnya, membaca buku kuliah atau menonton video bahan kuliah sambil
makan. Untuk seorang ibu rumah tangga misalnya bisa menerima telefon
sambil beres-beres rumah.
9. Jadwalkan waktu untuk bersantai
Saat
mengatur waktu untuk bisnis, kuliah, pekerjaan, atau apapun, pastikan
kita juga menyisihkan waktu untuk bersantai. Banyak penelitian
membuktikan bahwa bersantai dapat memulihkan kita dari keadaan tertekan
(stres) karena berbagai hal. Dengan bersantai, maka badan dan pikiran
akan kembali segar (hahaha jargonnya iklan Mizone nih) dengan catatan
waktu untuk bersantai jangan terlalu lama (bisa-bisa jadi pemborosan
waktu) hehehe..
JANGAN LAKUKAN !
1. Menunda-nunda
Edward
Young Mght Thoughts mengatakan “Penundaan sebenarnya adalah pencurian
waktu”. Lakukan saat ini juga. Saat seseorang menunda sesuatu, itu
berarti dia menghalangi kesempatan yang sebenarnya bisa jadi miliknya di
masa yang akan datang.
2. Pesimistis
Saat
dihadapkan pada tugas-tugas yang sulit, proyek yang rumit, rumah yang
seperti kapal pecah, kita cenderung berpikiran negatif (pesimistis) dan
cenderung menyerah sebelum memulai untuk menyelesaikannya dan lebih
memilih untuk menundanya. Hal itu tentu menghambat proses manajemen
waktu. Sebaliknya kita harus menanamkan sikap optimistis. Kita hatus
percaya bahwa hal tersebut dapat kita lalui dengan mudah hehe..
3. Perfeksionis
Ini
nih salah satu penyakit yang biasanya membuat manajemen waktu menjadi
hancur. Sikap perfeksionis adalah sikap ketika seseorang menginginkan
segala sesuatu yang dilakukannya, yang dikerjakannya, berakhir dengan
kata ‘sempurna’. Seorang mahasiswa bisa saja menunda-nunda waktu untuk
mengerjakan tugas dan mengumpulkannya saat mendekati tenggat waktu sebab
mereka menginginkan tugasnya sempurna; tidak ada cacat sedikitpun.
Menjadi seorang yang perfeksionis sangat merugikan; sangat capek;
menguras waktu, tenaga, pikiran (dan uang mungkin). Kok bisa? Karena
saya sendiri pernah menjadi seorang perfeksionis (halaaaaaaah..malah
curhat).
Yaaaaa, menurut saya yang urgent dalam manajemen waktu sih ya itu aja. Namun yang terpenting dalam langkah-langkah ini yaitu
KOMITMEN UNTUK MEREALISASIKANNYA. Jangan hanya niat dan perencanaan yang matang saja, karena niat dan perencanaan tanpa pelaksanaan
IS NOTHING.
Naaaaaah, silahkan kalo temen-temen punya
tambahan lain tentang manajemen waktu mungkin bisa comment aja di
artikel ini.. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan bisa membantu kalian
menuju kesuksesan .(http://personalitykamilaazizarabiula.wordpress.com)
0 komentar:
Posting Komentar